Sunday, October 10, 2010

BERHATI-HATILAH DI JALAN

Para siswa, bersyukurlah kalian semua hidup dijaman yang lebih maju dan makmur. Kalian bisa bersekolah dengan fasilitas yang mencukupi, tak terkecuali kendaraan bermotor ( sepeda motor ), saya menyadari ,  motor merupakan bagian dari gaya hidup para remaja sekolah saat ini, bagi kalian menaiki kendaraan bermotor yang keren, merupakan hal yang harus disediakan orang tua saat . Namun sayang, banyak anak yang kurang faham betul makna berkendara yang baik dan aman saat berkendara. Setiap pagi saya juga berangkat ke SMAN 3 Magetan dengan berkendara motor, biasanya ada dua rute yang saya lalui dari rumah saya di KPR Asabri Magetan.Pertama rute KPR Asabri-pasarsayur-selosari-candi SMAN 3 MGT. Rute kedua, KPR Asabri-kebaran-selosari-candi-SMAN MGT. Jika kalian sejalur dengan saya pada rute pertama, maka kalian akan menyaksikan pemandangan hiruk-pikuk ratusan bahkan bisa ribuan kendaraan bermotor roda dua yang didominasi siswa SMP/SMA, PNS masing-masing menuju ketempat tujuan masing-masing. Di saat itulah kita mengamati bahwa perilaku berkendaraa anak-anak sekolah masih jauh dari tertib dan tidak mengutamakan keamanan. mengebut, mendahului dari arah kiri, memotong laju kendaraan lain secara mendadak, tidak menyalakan riting.



Bukannya menakut-nakuti tapi kenyataan setiap tahun banyak kecelakaan motor, yang melibatkan pe. Ingatlah, jalan raya milik semua orang, bukan milik perorangan semata. Oleh karena itu kita harus berpikir, bahwa disamping mengutamakan keamanan diri sendiri juga orang lain. Ya, terkadang kita dijalan raya sudah berhati-hati, tapi orang lain tidak berhati-hati ujungnya kita masih terkena imbas dari kelalaian orang lain (kecelakaan ), berikut mungkin bisa diperhatikan agar kalian selamat dengan aman sampai tujuan :




  1. Berangkatlah tepat waktu, perkirakan waktu, jika perlu berangkatlah agak pagi, karena lalu -lintas belum ramai.

  2. Check perlenkapan berkendara, surat2, helm, spion, riting dll

  3. Jika memungkinkan carilah rute yang sepi lalu lintas.

  4. Pada saat lalu lintas ramai, berhati-hatilah jangan ngebut, kecepatan rata-rata 40 -60 km/jam. Sesekali lhat spion.

  5. Jangan mendahului dari arah kiri.

  6. Jika anda belok pada sebuah petigaan atau perempatan, turunkan kecepatan, tengok kiri kanan dan keadaan sekitar. Perhatikan juga lampu lalu lintas ( bang-jo ).

  7. Jika anda pada sebuah turunan, kendalikan kecepatan, jangan malah ngebut, apalagi setelah turunan ada belokan atau tanjakan.

  8. Jangan berkendara sambil berbicara, beriringan, berkomunikasi via telpon/hp.

  9. Berdoalah sebelum berangkat.


 

KOMENTAR FACEBOOK ANDA