Friday, November 30, 2012

APA DAN BAGAIMANA KURIKULUM 2013? HEBOH KURIKULUM 2013


Beberapa hari ini sudah heboh di media massa dan internet tentang rencana Implementasi kurikulum baru tahun 2013. Kalangan dunia pendidikan mungkin belum sempat menuntaskan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP ), yang bahkan sosialisasinya mungkin belum tuntas dibeberapa daerah, harus siap-siap dengan kurikulum baru 2013 yang sedang dalam tahap uji publik. Sebagaimana yang dilansir dalam metroTvnews.com, uji publik kurikulum 2013 akan di uji dibeberapa kota sekaligus uji publik secara online. Tujuan uji publik adalah menerima saran dan masukan dari masyarakat untuk kesempurnaan kurikulum yang baru ini.

Dari paparan draft kurikulum 2013 yang sudah dipublikasikan, dari sisi penekanan pedagogik sebenarnya tidak jauh dari kurikulum KTSP, yakni penekanan pada pembelajaran terpusat pada siswa, dan pembelajaran kontekstual. Namun perubahan teknis yang mencolok jika dibandingkan kurikulum KTSP 2006, adalah pengeprasan pada jumlah mata pelajaran di tingkat  SD dan SMP. Dimana pada tingkat SD ada pengurangan jumlah mata pelajaran dari 10 menjadi 6 mata pelajaran. Pada tingkat SMP terjadi pengurangan jumlah mata pelajaran dari 12 menjadi 10. Sedang pada tingkat SMA tidak terjadi pengurangan mapel, namun ada mata pelajaran wajib dan pilihan sesuai minat dan bakat siswa. 
Perubahan mata pelajaran pada kurikulum 2013


Selain itu kemdikbud juga sudah mempublikasikan draft model kurikulum 2013 agar dapat diketahui oleh publik dan agar publik dapat memberikan masukan-masukan terkait dengan  rencana pengguliran pelaksanaan kurikulum 2013 mulai tahun ajaran 2013/2014 tahun depan. Paparan Draft Kurikulum 2013  secara lengkap ( dalam Pdf ) dapat didownload di link berikut:       http://adf.ly/FRcma

Untuk dapat memberikan masukan  dan saran kepada pemerintah terkait uji publik  kurikulum 2013 secara online, anda dapat memasuki url: http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id.

KOMENTAR FACEBOOK ANDA